PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA SD MELALUI KEGIATAN CAMPUS ON DUTY (COD) DI KECAMATAN BANYAKAN

Dalam kegiatan literasi numerasi difokuskan pada peningkatan pengetahuan
dan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol
yang terkait dengan matematika dasar dalam memecahkan masalah praktis dalam
berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Dengan literasi numerasi dapat
menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel,
bagan, dsb) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk
memprediksi dan mengambil keputusan, pada literasi numerasi juga merupakan
bagian dari matematika yang dilakukan dengan mudah.

Kegiatan literasi numerasi sebagai kemampuan dalam mengaplikasikan
konsep bilangan dan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari. Operasi hitung
sangat penting karena hal utama yang dilakukan di sekolah maupun di lingkungan
masyarakat dengan berhitung. Maka dari itu sejak usia dini diajarkan berhitung,
tempat belajar berhitung sudah dilakukan dari rumah akan tetapi di sekolah dari
kelas 1 sudah dilatih dan diajarkan kepada peserta didik.

Di SDN Tiron III kami selaku mahasiswa Campus On Duty (COD) yaitu
memberikan informasi-informasi terkait literasi numerasi dengan memberikan
materi perkalian maupun penjumlahan di setiap kelas dengan cara yang mudah,
contohnya perkalian menggunakan jari. Sehingga setiap bel berbunyi kami selalu
menyiapkan tebak-tebakkan penjumlahan maupun perkalian. Dengan begitu
murid yang dapat menjawab dapat pulang terlebih dahulu, adanya kegiatan tebaktebakan tersebut disetiap pulang maka terlatih dapat hafal perhitungan.

Selain itu mahasiswa Campus On Duty (COD) juga memberikan pengetahuan
mengenai macam-macam bangun. Setelah kami menjelaskan materi bangun datar,
kami memberikan tugas kepada siswa dengan membentuk kelompok kemudian
membuat bangun datar sesuai dengan undian yang telah kami siapkan. Macammacam bangun datar dibuat menggunakan kertas lipat sehingga 1 siswa kami
berikan 1 kertas lipat agar semua dapat membuat kemudian ditempel pada kertas karton di jadikan satu semuanya. Kegiatan ini dilakukan di kelas 3 SDN Tiron III,
dengan adanya kegiatan literasi numerasi seperti ini peserta didik dapat dengan
mudah menghafal macam-macam bangun dan sekaligus dapat melatih
keterampilan. Tujuan mempelajari literasi numerasi bagi peserta didik adalah
sebagai berikut:

A. Mengasah, menguatkan pengetahuan dan keterampilan numerasi peserta
didik dalam menginterpretasikan angka, data, tabel, grafik, dan diagram.
B. Mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan literasi numerasi untuk
memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pertimbangan yang logis.

Adapun manfaat mempelajari literasi numerasi bagi peserta didik adalah
sebagai berikut:
A. Peserta didik memiliki pengetahuan dan kecakapan dalam melakukan
perencanaan dan pengelolaan kegiatan yang baik.
B. Peserta didik mampu melakukan perhitungan dan penafsiran terhadap data yang
ada dalam kehidupan sehari-hari.
C. Peserta didik mampu mengambil keputusan yang tepat dalam setiap aspek
kehidupannya.

Aktivitas dalam literasi numerasi di SDN Tiron 4 diterapkan melalui
kegiatan intrakurikuler atau di dalam kelas. Kegiatan literasi numerasi
bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
menggunakan matematika dengan percaya diri dalam segala aspek kehidupan.
Dalam hal ini, mahasiswa Campus On Duty mengenalkan siswa dengan
penerapan matematika pada kehidupan sehari-hari. Kegiatan literasi
numerasi yang diterapkan di SDN Tiron 4, yaitu:
1. Melipat origami, kegiatan melipat origami bertujuan untuk mengenalkan
siswa dengan konsep geometri. Dalam kegiatan ini, siswa diajarkan untuk
melipat sesuai dengan bentuk yang telah ditentukan.
2. Membuat prakarya gelang, Kegiatan membuat prakarya gelang bertujuan
untuk mengenalkan siswa dengan konsep pola bilangan dalam
matematika. Dalam praktiknya, siswa diminati membuat gelang sesuai
dengan pola yang telah mereka tentukan. Selain itu, dalam kegiatan ini
siswa juga dikenalkan dengan konsep berhitung. Ketika membuat gelang
siswa sembari menghitung manik-manik yang mereka masukkan ke dalam
senar sesuai dengan pola yang telah mereka tentukan
3. Punggung bernomor, kegiatan ini membantu siswa kelas rendah untuk
belajar berhitung dan mengenal angka. Selain itu, dalam kegiatan ini siswa
juga dikenalkan dengan konsep berhitung.

(Dr. Abdul Aziz H, S.S, M.A.1, Dr. Wahid Ibnu Z, M.Pd.2, Dr. Aan
Nurfahrudianto,M.Pd.3, Veni Iswantiningtyas, M.Psi.4, Martalia Nur’Aida5)